5 Langkah untuk Mengembangkan Perusahaan Truk dan Logistik Anda.

Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia Perusahaan truk bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan, namun persaingan di sektor ini sangat kompetitif. Banyak orang yang mencoba peruntungan di bisnis ini setiap tahunnya, namun pada akhirnya gagal.
Berikut ini 5 langkah yang sering diabaikan oleh perusahaan truk baru namun sangat penting untuk memastikan sukses tidaknya sebuah perusahaan di masa yang akan datang.

Langkah 1 : Memilih armada
Pastinya anda harus memilih armada yang tepat untuk perusahaan anda. Mendapatkan armada mungkin pekerjaan pertama dan yang paling penting yang harus dilakukan. Setelah memutuskan jenis armada apa yang hendak dibeli, tugas selanjutnya adalah memutuskan cara pendanaannya, beli atau leasing.
Ada beberapa pilihan pendanaan untuk pemilik perusahaan truk, yang mungkin bisa membingungkan. Perlu diingat bahwa perusahan pendanaan akan menawarkan pilihan untuk pembelian maupun leasing. Namun tawaran tersebut mungkin bukan pilihan yang terbaik untuk anda. Oleh karna itu, andalah yang harus menyiapkan rencana bisnis anda,
Pembelian armada truk cukup sederhana prosesnya. Anda membayarkan DP atau down payment, dan membayar secara berkala selama jangka waktu yang telah disepakati. Selama anda melakukan pembayaran secara tepat waktu, anda akan memiliki armada yang telah dibeli pada akhir jangka waktu pembayaran bertahap.
Proses leasing untuk armada sedikit lebih rumit. Beberapa kasus anda bisa mendapatkan struktur pembayaran dimana leasing bisa distruktur seperti biaya rental, dimana anda akan membayar biaya sewa perbulan untuk penggunaan armada. Ada juga struktur leasing yang diatur sedemikian rupa dimana anda berhak atas armada tersebut setelah pembayaran bulan terakhir. Jenis-jenis pembayaran yang ditawarkan terkadang memusingkan.
Jadi pilih mana, leasing atau beli? Tidak ada jawaban yang salah atau benar, semua tergantung keadaan anda. Setiap pilihan punya kerugian dan keuntungannya sendiri. Namun harus berhati-hati, karna pilihan yang salah akan menyebabkan kerugian besar dan bisa mengganggu bisnis anda.
Pilihan terbaik adalah untuk membandingkan layanan yang ditawarkan oleh berbagai pihak pendanaan yang ada di tanah air saat ini. Diskusi dengan pihak sales dari perusahaan ini akan membantu anda lebih banyak ketimbang hanya sekedar membaca brosur.

Langkah 2 : Temukan kostumer terbaik
Mendapatkan dan mempertahankan kostumer adalah pekerjaan yang paling berat dan mungkin membutuhkan proses yang paling lama. Namun jika anda berhasil menemukan konsumen yang setia, anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Mulailah menawarkan jasa angkutan truk anda kepada teman dan keluarga. Jangan ragu untuk menawarkan jasa anda kepada perusahaan-perusahaan manufaktur.
Dengan perkembangan teknologi internet saat ini, perusahan truk baru bisa mencari informasi tentang keberadaan calon konsumen yang selama tidak mungkin dijangkau, baik karna jarak maupun jangkauan. Perusahaan truk baru harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa memperkenalkan perusahaan dan jasa mereka kepada publik.

Langkah 3 : Tawarkan jasa anda dengan harga kompetitif. Ketahuilah ongkos dan biaya yang harus dikeluarkan.
Kemampuan anda sebagai pebisnis perusahaan truk sangat terlihat ketika anda menawarkan jasa perusahaan anda. Singkatnya, anda harus menawarkan jasa anda dengan harga yang cukup rendah sehingga bisa bersaing namun cukup tinggi untuk bisa mendapatkan keuntungan.
Satu-satunya untuk mengetahui harga penawaran yang pas atau optimal adalah untuk mengetahui semua biaya dan ongkos : maintenance, perbaikan truk, pembayaran kredit atau leasing, bahan bakar, dan gaji anda atau karyawan anda.
Ingat juga tambahan biaya Bisnis Jasa Angkutan Truk untuk masalah yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, proses transportasi yang melewati jalur yang macet, seperti di daerah industri di Jakarta Timur menuju pelabuhan Tanjung Priuk, akan memakan biaya lebih. Yang terakhir, selalu ingat ketika anda selesai melakukan transportasi, anda harus mendapatkan order selanjutnya yang sesuai dengan rute kembali. Biaya kembali ketika tidak ada order bisa memangkas keuntungan anda.

Langkah 4 : Jalankan administrasi perusahaan anda dengan efisien.
Menjalankan perusahaan truk yang sukses membutuhkan perencanaan administrasi yang benar- benar matang. Jenis kantor atau divisi administrasi tergantung seberapa besar perusahaan atau operasi anda. Tentunya, semakin sedikit jumlah armada anda, semakin kecil pula ukuran tim administrasi anda.
Putuskan bagaimana anda menjalankan kantor anda. Terlibat aktif pada setiap proses bisnis anda dan pastikan semuanya “masuk akal”. Perusahaan truk menggantungkan masa depannya pada efisiensi. Perusahaan dengan efisiensi terbaiklah yang akan berkembang. Milikilah mental pengusaha dari awal anda memulai bisnis anda.

Langkah 5 : Hindari masalah dengan arus kas atau cash flow
Kebanyakan perusahaan truk akan mengalamai masalah dengan arus kas atau cash flownya pada suatu waktu. Dan ketika masalah arus kas tiba, biasanya waktunya datang pada saat yang terburuk.
Jika anda perusahaan truk baru atau berukuran kecil, kemungkinan masalah arus kas disebabkan oleh konsumen yang tidak membayar dengan cepat (setidaknya tidak secepat yang anda inginkan). Jika konsumen anda adalah perusahan besar, seringkali proses pembayaran membutuhkan waktu sampai 60 hari. Intinya, anda harus menunggu dua bulan untuk mendapatkan pelunasan.
Namun pengualaran seperti bensin dan perbaikan Pengusaha Bisnis Jasa Truk Ubah Konsep harus dilakukan secara teratur. Jika perusahaan anda tumbuh dengan pesat, pengeluaran bisa lebih besar daripada pemasukan. Dalam kasus ini, anda akan kehabisan kas, dan tidak bisa beroperasi lagi sampai konsumen membayar tagihan. Nah pada saat ini lah pesaing anda mencuri bisnis anda.

Demikianlah 5 hal penting yang sering diabaikan tapi sangat penting bagi kelangsungan perusahaan truk anda Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia. Selamat berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *